YANG GIGINYA BERLUBANG BACA INI! JANGAN TAMPAL ATAU CABUT, INI CARANYA TEMAN-TEMAN KENA TAHU

Kerosakan gigi adalah sejenis sakit gigi yang banyak dihadapi oleh sesetengah orang di Indonesia, ini akan disertai dengan nafas berbau yang sangat mengganggu.

Pada zaman dahulu orang berfikir, jika perkara semacam ini disebabkan oleh gigi yang dimakan oleh ulat. Anggapan ini selalu berlangsung sehingga abad ke 17.

Tetapi seorang doktor gigi bernama Willoughby Miller, mendapati punca-punca kerosakan dalam kerosakan gigi. Beliau berkata jika rongga gigi sebenarnya disebabkan oleh bakteria dan gula.

Bakteria akan mengubah gula dari makanan supaya asid yang menyebabkan persekitaran pergigian menjadi grooved. Pertengahan persekitaran gigi yang baik harus lengkung yang rata dan berbentuk.

Oleh itu, berlakunya lubang kecil dalam susunan gigi yang akan bertambah lebih lama jika tidak ada rawatan yang dilakukan secepat mungkin.

Dokter gigi (Drg) Stephanie Hadiyanto dari RS Elisabeth Semarang menyampaikan, berdasarkan pada teknologi rawatan gigi paling baru, gigi begitu baik disimpan seboleh mungkin hanya di dalam rongga mulut.

Maksudnya adalah untuk jauhi risiko dari mencabut gigi. Karena banyak yang sesudah gigi dicabut, ditinggalkan demikian saja, tak ditukar atau ditampal, ungkap Drg Stephanie.

10 Cara Merawat Gigi Berlubang agar Tidak Sakit Lagi
Perawatan gigi yang kurang baik akan menimbulkan banyak masalah, salah satunya adalah gigi yang berlubang. Gigi yang sudah berlubang biasanya akan menimbulkan rasa sakit yang sangat tidak nyaman di gigi, terutama ketika Anda sedang makan.

Gigi yang sudah berlubang membutuhkan perawatan ekstra. Perawatan ini dilakukan agar lubang tidak membesar dan rasa sakit tidak bertambah. Cara perawatan paling umum adalah dengan ditambal yang tentunya membutuhkan biaya yang tidak sedikit.
Cara Merawat Gigi yang Sudah Berlubang

Bagi Anda yang tidak ingin merawat dengan cara medis, ada beberapa bahan alami yang dapat mengobati gigi berlubang tanpa ditambal. Cara perawatan ini dapat mencegah rasa sakit dan mencegah lubangnya semakin besar. Nah, berikut ini adalah cara merawat gigi berlubang secara tepat:

1. Hindari Beberapa Jenis Makanan

Bila Anda memiliki lubang di gigi, maka Anda harus menghindari makanan panas dan dingin. Pasalnya, jenis makanan tersebut hanya akan menambah rasa ngilu di gigi. Selain itu, makanan manis, bersantan, dan asam juga harus dihindari agar tidak memperparah kondisi gigi berlubang.

2. Pilih Ubat Gigi Khusus

Ketika Anda mendapati bahwa gigi Anda berlubang, itu artinya Anda harus segera mengganti pasta gigi yang biasa Anda gunakan dengan pasta gigi khusus.

Pasta gigi yang ideal untuk merawat gigi berlubang harus mengandung xylitol dan kalsium. Kedua kandungan tersebut akan membantu proses perbaikan email gigi untuk menutup lubang atau kerusakan lainnya di area gigi.

3. Gunakan Berus Gigi Berbulu Lembut

Sama dengan cara merawat gigi sensitif, penderita gigi berlubang juga disarankan untuk menggunakan sikat gigi berbulu lembut. Sikat gigi dengan bulu yang kasar hanya akan menyebabkan rasa ngilu ketika bulunya menggosok lubang pada gigi.

4. Gosok Gigi 2 Kali Sehari

Lubang di gigi akan semakin bertambah parah jika Anda malas menggosok gigi. Meskipun terasa sakit dan nyeri, Anda tetap harus menggosok gigi dua kali sehari. Waktu yang tepat untuk menggosok gigi adalah pagi setelah sarapan dan malam sebelum tidur.

Pastikan juga Anda sudah menggunakan sikat gigi berbulu lembut dan pasta gigi khusus ketika menggosok gigi Anda yang berlubang. Gosoklah gigi Anda secara perlahan dan merata ke berbagai celah dan juga ujung gigi.

5. Konsumsi Makanan Kaya Kalsium dan Mineral

Tahukah Anda bahwa kalsium dan mineral adalah nutrisi penting untuk memelihara kesehatan gigi. Kalsium dan mineral berperan aktif untuk membuat gigi lebih kuat. Jika sedang sakit gigi, sebaiknya perbanyak konsumsi makanan yang berkalsium dan bermineral tinggi.

Makanan tersebut akan membantu proses untuk mengembalikan kekuatan gigi seperti sebelumnya. Contoh makanan kaya kalsium adalah telur dan susu, sedangkan makanan yang bermineral tinggi adalah buah-buahan dan sayuran.

6. Berkumur dengan Air Garam

Bakteri adalah penyebab utama timbulnya rasa nyeri pada gigi berlubang. Oleh karena itu, pertolongan pertama untuk mengatasi rasa nyeri akibat gigi berlubang adalah berkumur dengan campuran air hangat dan garam.

Air garam akan berperan sebagai anti-bakteri untuk membasmi bakteri penyebab gigi berlubang. Air garam ini akan meringankan rasa nyeri di area gigi berlubang.

Cara Merawat Gigi Berlubang yang Sakit

Selain mengetahui cara merawat gigi berlubang, Anda juga perlu mengetahui cara mengatasi gigi berlubang yang sudah sakit tanpa perlu ditambal. Nah, cara mengatasi sakit gigi berlubang ini akan menggunakan bahan-bahan alami, seperti:

1. Jeruk Nipis

Cara yang satu ini mungkin akan terasa sedikit perih. Akan tetapi, jeruk nipis sangat efektif untuk mengatasi gigi berlubang. Cara penggunaannya adalah peras air jeruk nipis. Kemudian, ambil satu sendok teh air perasan jeruk nipis, lalu teteskan pada bagian gigi yang sakit atau berlubang.

Lakukan cara ini setiap 10 menit sekali untuk meredakan rasa nyeri karena gigi berlubang. Kandungan vitamin C di dalam jeruk nipis dapat meredakan rasa sakit di gigi Anda sehingga Anda bisa menyantap makanan tanpa perlu khawatir sakit gigi ketika mengunyah.

2. Belimbing Wuluh

Ini merupakan salah satu cara mengatasi sakit gigi karena berlubang secara tradisional. Anda hanya perlu menggunakan buah belimbing wuluh. Buah ini berukuran kecil dan berwarna hijau. Pada umumnya, belimbing wuluh dimanfaatkan sebagai bumbu masakan. Namun, buah ini juga dapat mengobati rasa sakit karena gigi berlubang.

Cara menggunakannya juga sangatlah mudah, cukup kunyah belimbing wuluh secara perlahan menggunakan gigi yang berlubang. Agar hasilnya semakin maksimal, tambahkan sedikit garam untuk membunuh bakteri yang bersarang pada gigi.

3. Bawang Putih

Efektifitas bawang putih sebagai obat alami untuk berbagai macam penyakit memang tidak perlu diragukan lagi. Bawang putih diklaim dapat mengatasi gigi berlubang, terutama untuk meredakan rasa sakitnya.

Cara menggunakan bawang putih sebagai obat alami untuk gigi berlubang adalah tumbuk bawang putih hingga halus dan campurkan dengan sedikit garam. Oleskan pasta bawang putih ini di lubang gigi. Lakukan cara ini sampai rasa sakit di gigi Anda hilang.

4. Bawang Merah

Jenis bawang yang satu ini mengandung antiseptik dan antimikroba alami. Tak heran jika bawang merah kerap kali digunakan untuk meredakan sakit gigi oleh masyarakat pedesaan pada jaman dahulu kala.

Hanya dengan mengunyah bawang merah mentah selama beberapa menit, maka sakit gigi akan hilang seketika. Cara lain adalah dengan menggosokkan bagian dalam bawang merah ke gigi yang lubang.

5. Daun Jambu Biji

Pernahkah Anda melihat orang-orang yang suka mengunyah daun sirih? Nah, kali ini Anda tidak akan diminta untuk mengunyah daun sirih. Anda hanya perlu mengunyah daun jambu biji untuk menyembuhkan sakit gigi. Untuk membasmi kuman penyebab gigi berlubang, rebus jambu biji dengan garam, lalu berkumurlah dengan air tersebut sebanyak 2 kali sehari.

Berbagai cara merawat gigi berlubang di atas hanya bersifat sementara. Anda tetap harus menambal gigi Anda ke dokter gigi jika ingin mengatasi gigi berlubang secara permanen. Sebagai pencegahan, Anda juga dapat mencoba cara membersihkan karang gigi secara alami sebelum gigi Anda menjadi berlubang,

Sumber: Kuasaheboh

Add Comment